22.7.10

stereotip

Stereotipe adalah pendapat atau prasangka mengenai orang-orang dari kelompok tertentu, dimana pendapat tersebut hanya didasarkan bahwa orang-orang tersebut termasuk dalam kelompok tertentu tersebut. Stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. Sebagian orang menganggap segala bentuk stereotipe negatif. Stereotipe jarang sekali akurat, biasanya hanya memiliki sedikit dasar yang benar, atau bahkan sepenuhnya dikarang-karang.
sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Stereotipe
“anak SMK tuh jelek,males,nakal,MADESU,anak anak yang bermasalah tuh di SMK semua,prospek kedepannya gak bagus”. Ahh yang begituan mah udah gak aneh di denger di telinga. Nah jadi hubungannya sama judul diatas, prasangka prasangka yang kaya gitu tuh empet emang ngedengernya. seenaknya aja nge”cap” kya gitu.
aku anak smk,ngakuin lah kalo smk tuh di bilang jelek ya emang jelek! tapi kalo dibilang bagus juga ya emang bagus. tapi kenapa yang bagus bagusnya malah ketutup sama yang jelek nya? orang orang emang lagi takdirnya ngeliat anak anak smk yang jeleknya kali ya? ‘karena nila setitik rusak susu sebelanga ’sebenernya kalo kalian masuk smk kalian bakal tau dan pikiran pikiran buruk tentang anak smk bisa kehapus. keganti sama yang baek’ itu yang aku rasain.
banyak ko orang orang smk yang berkualitas,banyak orang orang smk yang sukses,MADESU emang but “su” disini sukses dong bukan suram. hehe.
stereotip “jurusan sebelah” yang katanya anak anak berkualitas,baik,rajin,prospeknya bagus lah apa lah,hahahahahahahahahahahahaha oke penilaian orang berbeda beda,tapi yakin tuh mereka semua sesempurna itu? bukan diskriminatif. teori sama praktek beda kalii. ya meskipun aku akuin mereka bagus,orang orang pintar,salutlah sama mereka. susah untuk menjadi mereka.
gak maksud buat ngejelekin satu pihak atau dua pihak. toh kita udah tau “semua itu tergantung individunya” kalo tu orang mau jadi makhluk sosial kek makhluk jurusan sebelah kek,kalo emang niatnya mau berkualitas terus action buat jadi berkualitas ya insya allah berkualitas. lagian semua orang punya keahlian di masing masing and  inget! semua orang itu istimewa.