21.9.11

PMS



Huah, judulnya udah sangat menggambarkan kan ya. Saya lagi PMS.
Bukan! Bukan Penyakit Menular Seksual! Tapi Pre Menstrual Syndrome.


Pre Menstrual Syndrome (PMS) adalah sekumpulan gejala berupa gangguan fisik & mental, dialami 7-10 hari menjelang menstruasi dan menghilang beberapa hari setelah menstruasi. Keluhan yang dialami bisa bervariasi dari bulan ke bulan, bisa menjadi lebih ringan ataupun lebih berat dan berupa gangguan mental (mudah tersinggung, sensitif) maupun gangguan fisik. Diperkirakan kurang lebih 85% wanita usia produktif antara usia 25-35 tahun mengalami satu atau lebih gejala dari PMS. Hanya 2-10% menunjukkan gejala PMS berat (Premenstrual Dysphoric Disoder/PMDD).

Ini jelas bukan pertama kalinya. Udah entah bulan keberapa tapi nggak tau kenapa kok semakin tua rasanya PMS semakin menyiksa ya. Dan ini abis googling tentang PMS. Gejala-gejala umum tentang PMS yang sedang saya deritai:
Gelaja Fisik
Kelemahan umum (lekas letih, pegal, linu).
Acne (jerawat).
Nyeri pada kepala, punggung, perut bagian bawah.
Nyeri pada payudara.
Gangguan saluran cerna misalnya rasa penuh/kembung, konstipasi, diare.
Perubahan nafsu makan, sering merasa lapar (food cravings).

Gejala Mental
Mood menjadi labil (mood swings), iritabilitas (mudah tersinggung), depresi, ansietas.
Gangguan konsentrasi.
Insomnia (sulit tidur).

Dan semua gejala itu... IYA BANGEEEETTT!
Hah, ini PMS beneran nyiksa banget. Jadi takut, karena ternyata nyeri yang saya rasain jarang dirasain sama temen-temen seperjuangan saya yang laen.

Pernah denger sebuah istilah namanya Dismenorea. Maka googlinglah saya, dan berikut gejala-gejalanya:

Gejala-gejala
Rasa sakit biasanya dimulai pada hari pertama menstruasi.
Terasa lebih baik setelah perdarahan menstruasi mulai.
Kadang-kadang hilang setelah 1 atau 2 hari.
Kadang-kadang terasa sangat sakit.
Kadang-kadang disertai rasa mual, muntah, pusing atau pening.

Abis baca ini... ASTAGAAA! INI JUGA SAYA BANGETT!
Yak maka ketakutanlah saya disini. Di depan komputer dengan backsound Kenangan Terindah-nya Samsons dari UTM Radio. Sumpah, dramatis abis.

Hiks, saya nggak tau ini sakitnya gara-gara apa. Apa PMS ataukah Dismenorea, yang jelas ini menyiksa banget.
Kemaren di kelas guling-guling di meja, mukul-mukulin perut (berharap isi perut mau kompromi dikit), sampe nyokotin jaket dan dipandang aneh sama temen bangku sebelah.

Nggak cuma muntah, saya juga jadi susah tidur, punggung rasanya pegel banget, bawaan lemes, dan sensitif. Sengaja saya kasih font merah plus bold, buat ngasih peringatan aja, saya lagi berbahaya. Saya jadi gampang suudzan, Masya Alloh.

Lebih bahaya lagi karena saya abis ketemu orang lama. Menyelesaikan masalah katanya, tapi malah keliatan kayak lomba debat.
Kecewa sama beberapa orang yang nerima mentah-mentah berita. Nggak semua yang kalian liat itu bener kan?


Tau nggak kenapa kita dilahirin dengan dua telinga di kanan sama kiri?
Karena biar kita bisa mendengar semuanya dari dua sisi...

Kamu pergi lalu datang kembali, cuma buat menghakimi? Ke laut aja sono...
Don't forget that you were the one who set me free first. And wasn't it you who said I may do anything that I like? Grawrk.
(Tuh kan, saya jadi gampang emosi)

Udah ah. Sebelum emosi lebih jauh, saya mau garap paket matik dulu.
Doakan saya cepet sembuh yah...

thanksoo #salam bibir merah